Progress 7 | Eksplorasi IV

Pada posting kali ini saya berpikir kembali pada big picture dari tugas mata kuliah ini, waktu pengumpulan tinggal beberapa minggu lagi dan pengerjaan tahap-tahapan untuk menyelesaikan tugas harus lebih sistematis. Pada post ini mungkin desainnya agak berbeda dengan eksplorasi yang sebelumnya, ini merupakan ide alternatif yang muncul pada saat UTS.

Skema pengerjaan tugas

Skema pengerjaan tugas

skema dalam eksplorasi ide

skema dalam eksplorasi ide

Pada progress 7 ini masih pada ruang – kamar tidur, ini adalah ide 1 dari 2 ide yang sudah terpikirkan untuk kamar tidur. Ide 2 akan dimuat pada posting selanjutnya. Sesuai dengan sebelum-sebelumnya, konsep yang dipilih adalah tropical modern. Menampilkan suasana yang dekat dengan alam, namun dengan tetap memperlihatkan sisi modern yang simpel dan elegan.

Berikut ini adalah sketsa tentang gambaran umum konsep desainnya.

Gambaran umum konsep

Gambaran umum konsep

Setelah gambaran umum di dapat kemudian disesuaikan tata letak furnitur dan desain furniturnya dengan ruang eksisting. Pada desain ini meja yang sebelumnya menempel di dinding bagian sebelah kanan denah dipindah ke sebelah kiri denah. Ini untuk menciptakan ruang yang lebih lega di sebelah kanan sehingga bisa ditempatkan sebuah lounge chair. Perhatikan juga desain tempat tidur berikut ini.

Tata letak dan pilihan furniture & fitur

Kemudian berikutnya adalah menentukan material-material pada ruang ini. Dari konsep yang terpilih, benda yang saya pikirkan adalah kayu dan batu. Maka material-material yang dipilih memiliki karakter yang diinspirasi dari benda-benda tersebut.

Pilihan material : elemen samping & dasar

Pilihan material : elemen samping & dasar

Melompat lagi ke bagian lain, lebih mendalam pada elemen samping, sebuah bahan finishing dengan panel kayu yang unik coba saya tuangkan pada sketsa.

material elemen samping dengan panel kayu

material elemen samping dengan panel kayu

Dari opsi-opsi material yang ada, dibuat sketsa-sketsa untuk menguji tampilan interiornya, sehingga muncul beberapa alternatif untuk ide desain kamar tidur ini.

Desain yang ada memang masih dipertimbangkan sebagai pilihan, namun tentu saja ide yang ke 2 harus ditampilkan juga agar hasil pemilihan desain final didapat dari pertimbangan yang lebih matang.

Alternatif

Alternatif

Alternatif

Alternatif

Leave a comment